Waspada! 5 Makanan Ini Tak Terduga Bikin Diare | Lifestyle News Waspada! 5 Makanan Ini Tak Terduga Bikin Diare | Lifestyle News

Waspada! 5 Makanan Ini Tak Terduga Bikin Diare

Waspada! 5 Makanan Ini Tak Terduga Bikin Diare
Cabe (c) Morguefile
Waspada! 5 Makanan Ini Tak Terduga Bikin Diare - Apa yang Anda rasakan bila terkena diare? Pasti membuat Anda bolak-balik ke kamar mandi dan bikin lemas. Bila sudah terkena diare, semua kegiatan Ada akan terganggu. Diare menyerang tak memandang usia, baik pria, wanita, dewasa sampai anak-anak pun bisa terkena diare. Penyebab diare sendiri adalah karena makanan yang Anda makan terlalu asam dan pedas. Gejala diare lainnya adalah, sakit perut, sering mual dan muntah, deman tinggi dan nafsu makan jadi berkurang. Cara mengatasi diare adalah dengan meminum air yang banyak, karena pada saat Anda diare begitu banyak cairan yang keluar.

Supaya diare tidak menyerang Anda kembali, jaga pola makan Anda. Karena beberapa makanan di bawah ini tak terduga bisa membuat diare. Berikut 5 makanan yang menyebabkan diare seperti dikutip dari About.com.

1. Susu

Banyak yang tak menduga susu ternyata bisa membuat Anda diare. Padahal susu yang rasanya enak dan mengandung banyak gizi bagi tubuh bisa menyebabkan diare. Tapi susu yang dimaksud di sini adalah produk susu kemasan yang mengandung zat gula yang disebut laktosa. Laktosa ini sulit dipecah atau dicerna oleh organ pencernaan Anda sehingga sistemnya akan terganggu. Itulah alasannya susu bisa membuat Anda diare.

Penyakit yang disebabkan laktosa susu ini disebut dengan istilah lactose intolerance. Gejalanya meliputi diare, buang gas yang banyak, kembung, muntah dan kram. Tapi kini sudah ada beberapa produk susu yang laktosa sudah terpecah sehingga lebih mudah dicerna. Tapi, yang lebih baik dikonsumsi tetaplah susu sapi yang segar.

2. Cabe

Kalau yang ini pasti sudah pada tau kalau terlalu banyak memakannya bisa membuat diare. Memang lidah kita kalau memakan suatu masakan kalau tidak pedas akan menurunkan selera makan. Orang Indonesia selalu identik dengan makanan pedas, kalau tidak pedas tidak bisa makan.

Bila Anda sering mengalami diare sesudah makan pedas, sebaiknya kurangi makan makanan pedas bila diare tidak lagi menyiksa Anda. Pemicu diare pada cabe adalah disebabkan oleh "capsaicin" yang begitu banyak pada cabe.

3. Kafein

Tak hanya cabe yang pedas saja yang bikin diare, tetapi kafein bisa menimbulkan diare juga lho. Hati-hati, karena kafein banyak terdapat pada minuman dan makanan yang Anda nikmati tiap hari, seperti pada kopi, teh, soda, cokelat, permen karet bahkan pada air mineral kemasan pun ada kandungan kafeinnya. Kafein ini bisa mempercepat proses metabolisme tubuh Anda, termasuk proses pencernaan. Beberapa orang memiliki organ pencernaan yang sensitif sehingga mudah terkena diare jika mengonsumsi kafein terlalu banyak.

4. Olestra

Olestra adalah lemak buatan yang digunakan untuk mengganti lemak pada makanan-makanan yang diberi label ‘rendah lemak’ atau ‘bebas lemak’. Biasanya terkandung dalam makanan potato chips atau snack keripik kentang. Lemak buatan ini ternyata tidak dapat diserap sama sekali oleh organ pencernaan Anda. Itulah yang menyebabkan Anda terkena diare setelah memakannya.

5. Gula buatan

Terdapat beberapa macam gula buatan yang bisa membuat Anda diare, di antaranya bernama sorbitol dan mannitol. Gula buatan ini bisa ditemukan pada beberapa macam makanan seperti permen dan yogurt, tapi bisa juga ditemukan di pada beberapa macam buah dan sayur. Pemanis tersebut tidak dapat diserap dengan baik oleh usus besar sehingga menghasilkan gas. Selain itu, bakteri di dalam usus besar yang memakannya membuat gas tersebut semakin banyak.

Ternyata diare tidak hanya disebabkan oleh lingkungan yang kotor, tapi ke lima makanan di atas tak terduga bisa menyebabkan diare. Oleh karena itu, bila sudah ada tanda-tanda akan terjadi diare, segera berhenti mengkonsumsi kelima makanan diatas. Dan bila kondisi diare Anda sangat parah, segera pergi ke dokter supaya mendapat pengobatan yang optimal.