Apakah Bahaya Terlalu Sering Keramas? | Lifestyle News Apakah Bahaya Terlalu Sering Keramas? | Lifestyle News

Apakah Bahaya Terlalu Sering Keramas?

Apakah bahaya terlalu sering keramas rambut? - Apakah mitos atau apa yang banyak berkembang di masyarakat bahwa rajin mencuci atau sering keramas berbahaya bagi rambut dan membuat rambut bermasalah. Apakah penyataan tersebut benar adanya?

Banyak alasan seseorang mencuci rambutnya setiap hari, seperti cuaca yang panas dan menyebabkan tubuh gerah, keluar keringat dan hal ini bagi banyak orang akan merasa tidak nyaman membuat Anda selalu ingin mandi dan keramas setiap hari supaya segar. Padahal sih tidak masalah bila Anda keramas setiap hari, dan Anda harus tau cara tepat dan produk yang tepat, maka kesehatan rambut Anda akan tetap terjaga.
Apakah Bahaya Terlalu Sering Keramas?
Foto (c) Pixabay.com

Dr Sama Rais berbicara, seperti dilansir IndiaTimes, "sebaiknya untuk mencuci rambut sehari-hari perlu diperhatikan pemakaian shamponya. Formula yang terlalu keras pada shampo dapat menghilangkan minyak esensial di kulit kepala dan pengeringan hingga iritasi."

Apabila jenis rambut Anda normal hingga kering, keramas tiga kali dalam seminggu saja sudah cukup. Namun, bila jenis rambut Anda berminyak atau kombinasi, keramas setiap hari dengan formula shampo ringan adalah solusinya.

Bila berketombe

Apabila Anda memiliki masalah ketombe, kenali terlebih dahulu ketombe jenis apakah itu. Ketombe ada dua jenis menurut Dr. Jaishree Manchanda, jenis ketombe berminyak dan ketombe kering.

Ketombe berminyak sangat berbahaya dan dapat menggerogoti pigmen rambut. Sedangkan ketombe kering akan jatuh, rontok dan mengotori bahu serta baju.

Masalah ketombe atasi dengan pemakaian shampo berformula ringan agar tidak terjadi iritasi. Gunakan perawatan jeruk nipis atau minyak zaitun serta perbanyak konsumsi sayuran hijau.

Tips rambut sehat

1. Lakukan trimming rambut pada ujung yang rusak terutama jika bentuknya keriting

2. Gunakan selalu topi atau syal untuk melindungi rambut dari sinar UV

Anda juga bisa melakukan masker atau hair spa sehingga rambut tetap sehat dan terawat. Jangan lupa gunakan pula hair serum sebagai sumber nutrisi rambut dari luar.

Nah, sudah jelas kan pembahasan di atas. Kesimpulannya boleh keramas setiap hari asalkan shampo yang Anda gunakan berformula lembut dan tidak membuat minyak alami di rambut Anda hilang. Semoga bermanfaat!