Waspada! Ini Kandungan Berbahaya Dalam Kosmetik | Lifestyle News Waspada! Ini Kandungan Berbahaya Dalam Kosmetik | Lifestyle News

Waspada! Ini Kandungan Berbahaya Dalam Kosmetik

Kandungan bahan kimia berbahaya dalam kosmetik - Wanita adalah mahluk yang sangat peduli dengan kecantikannya, berbagai macam cara dilakukan untuk membuat dirinya terlihat cantik. Dari perawatan alami sampai menggunakan produk-produk kecantikan mereka coba agar mereka bisa tampil cantik.

daftar kosmetik berbahaya
Ilustrasi (c) Pixabay.com
Tidak sedikit uang yang dikeluarkan untuk membeli produk-produk kecantikan, seperti krim pelembab, riasan wajah, dan berbagai jenis perawatan kecantikan lainnya. Tapi pernahkah Anda tau bahwa produk perawatan tubuh Anda itu tidak mengandung bahan-bahan berbahaya? Jangan sampai deh sudah mengeluarkan uang banyak-banyak, eh ternyata produk tersebut terdapat zat berbahaya.

Mulai sekarang Anda harus jeli memilih produk kosmetik. Anda mesti tau daftar kandungan berbahaya dalam kosmetik. Seperti dilansir dari Livestrong.com, ini ciri ciri kosmetik berbahaya yang harus Anda ketahui.

Oxybenzone

Biasanya sering ditemukan di tabir surya, pelembab, dan lip gloss. Kandungan ini bisa mengganggu sistem kerja hormon Anda.

Phthalates

Kandungan ini biasa ditemukan di sabun, sampo, hair spray, dan cat kuku. Selain itu produk yang mengandung wewangian juga biasanya mengandung bahan ini. Ibu hamil sangat tidak dianjurkan menggunakan cat kuku yang mengandung dibutyl phthalate karena bisa mengganggu sistem reproduksi.

Petroleum distillates

Bahan ini biasa ditemukan di maskara. Bahan ini bisa menyebabkan dermatitis kontak dan penyebabh kanker.

Formaldehyde

Produk-produk kecantikan seperti cat kuku, cat rambut, formula pelurus rambut, dan perekat bulu mata biasanya mengandung bahan ini. Pada tahun 2004, bahan ini dianggap bahan yang bisa menyebabkan kanker pada manusia oleh International Agency on Research on Cancer (IARC). Bahan ini juga pernah dicampurkan ke produk-produk antiseptik.

Toluene

Biasanya ditemukan di cat kuku. Menghisap kandungan ini secara berlebihan bisa menyebabkan iritasi ke sistem pernapasan, mata, dan bisa menyebabkan sakit kepala dan pusing.

Pewangi Buatan

Hampir semua produk kecantikan mengandung pewangi buatan. Dan sebaiknya kita harus menghindari produk kecantikan yang mengandung pewangi buatan. Kenapa? Karena pewangi buatan yang digunakan dalam kosmetik biasanya mengandung 100 bahan termasuk bahan-bahan yang bisa mengganggu sistem hormon seperti phthalates, synthetic musks, dan ethylene oxide.

Nah, itulah jenis kandungan berbahaya dalam kosmetik. Sekarang Anda sudah tau kan kandungan dalam kosmetik yang berbahaya. Oleh karena itu, Anda harus cek lagi produk kosmetik yang akan Anda beli, jangan sampai kulit Anda jadi rusak. Baca juga artikel menarik lainnya seperti daftar kosmetik berbahaya yang di umumkan BPOM dan tanda-tanda Anda alergi pada kosmetik. Semoga bermanfaat!