Cegah Flu Dengan 7 Makanan Ini

Cegah Flu Dengan 7 Makanan Ini
(Foto: Morguefile)
Penyakit Flu, Gejala Flu, Penyebab Flu, Mengobati Flu, Obat Flu, Pilek dan Deman - Di musim hujan sekarang ini sangat mudah bagi kita terkena flu, dan pastinya sangat mengganggu aktivitas . Dan pastinya kita akan malas bekerja. Untuk mencegah serangan flu Anda wajib menjaga pencernaan agar tetap sehat dan lancar. Karena kalau sistem pencernaan Anda sehat dan lancar, akan mempermudah mengolah makanan dan menyalurkan nutrisi ke seluruh tubuh. Alhasil, tubuh jadi kebal terhadap racun dan menghancurkan bakteri serta virus. 

Anda juga bisa mencegah flu dengan konsumsi tujuh makanan ini dari praktisi gaya hidup sehat Dr Helen Lee, seperti dikutip dari Wolipop.com.

1. Jahe
Minyak volatil di dalam jahe berfungsi menghangatkan, membantu tubuh lebih banyak berkeringat. Efek tersebut bisa meredakan demam ringan dan menghilangkan racun. Jahe juga meningkatkan metabolisme tubuh, sementara efek hangatnya membantu mengatasi mual, memperbaiki gangguan pada saluran pencernaan, paru-paru dan sesak napas. Herbal ini juga berefek membersihkan toksin. Tambahkan potongan jahe segar ke dalam minuman teh atau bisa dimakan sendiri. Jika ingin melegakan tenggorokan, campurkan teh, jahe dan madu.

2. Bawang Putih
Allicin, bahan aktif yang terkandung dalam bawang putih berfungsi sebagai antivirus dan antibakteri alami. Bawang putih bisa membersihkan liver --organ yang bertugas membersihkan darah. Aliran darah yang melewati liver setiap tiga menit akan diproses dan menstimulasi produksi sel darah putih. Sel ini akan meningkatkan daya tahan tubuh yang membuat Anda tidak mudah terserang flu. Perbanyak bawang putih sebagai bumbu dalam masakan Anda, atau minum suplemen bawang putih.

3. Madu Murni
Madu merupakan antibiotik dan antiseptik alami, juga kaya akan beberapa jenis vitamin seperti B kompleks, C, D, E, mineral enzim dan propolis. Propolis pada madu bisa meningkatkan sistem imun, melumpuhkan virus dan melawan infeksi akibat bakteri. Selain itu, sejumlah studi kesehatan juga menunjukkan bahwa madu lebih efektif meredakan batuk ketimbang sirup obat batuk. Disarankan minum madu murni satu sendok teh, 4 kali sehari.

4. Cabai
Cabai, khususnya cabai rawit tinggi kandungan vitamin C dan bisa jadi penyembuh alami untuk pilek. Cabai juga memiliki vitamin A, B, kalsium dan potassium. Rasa pedasnya melancarkan sirkulasi dalam darah dan meningkatkan metabolisme tubuh yang memungkinkan Anda lebih cepat sembut dari flu. Taburkan bubuk cabai ke makanan, atau bisa ditambahkan sebagai bumbu dalam masakan sehari-hari.

5. Makanan Fermentasi
Makanan yang sudah difermentasi seperti tape, yoghurt, shoyu atau miso umumnya mengandung bakteri baik. Makanan tersebut juga bisa meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh seperti acidophilus dan bifidus yang melancarkan pencernaan dan membantu penyembuhan flu secara alami.

6. Sayuran Hijau
Sayuran warna hijau gelap seperti bayam, kangkung, sawi hijau, kailan dan pok choy memiliki vitamin B12, folic acid, potassium, vitamin A, C dan K yang membantu memperkuat sistem imun tubuh. Rajin mengonsumsi sayuran hijau membuat tubuh jarang sakit dan terhindar dari flu.

7. Lemon
Jaga kadar asam dan alkalin dalam tubuh tetap seimbang dengan minum air hangat yang dicampur perasan lemon setiap pagi. Lemon merupakan tonik bagi liver, menstimulasi pencernaan agar lebih lancar dan menciptakan alkalin (pH yang berfungsi sebagai penyembuh bagi tubuh). Kandungan vitamin C nya melindungi Anda dari virus penyebab penyakit flu.