Manfaat Dan Kegunaan Protein Bagi Tubuh

Manfaat Protein Bagi Tubuh - Dibandingkan sama nutrisi dan vitamin, protein sangat lebih penting bagi tubuh manusia. Banyak sekali yang tidak memperhatikan fungsi protein bagi tubuh itu sangatlah penting. Mungkin karena pamornya kalah sama vitamin C, vitamin E, vitamin D, vitamin B dan nutrisi lain protein jadi terlupakan.
manfaat protein bagi kesehatan
(c) Morguefile

Akan tetapi, kekurangan protein dalam tubuh akan berdampak sangat vital bagi kesehatan kita dan sangatlah penting bagi tubuh. Protein berfungsi untuk pertumbuhan sel, fungsi immune, produksi hormon, dan membantu menjaga berat badan tetap seimbang. Menurut University of Illinois McKinley Health Center, seperti dikutip dari Livestrong.com, protein membantu mencukupi 10%-35% kebutuhan kalori tubuh. Atau setidaknya 200-700 kalori yang akan dengan mudah dibakar dengan melakukan kegiatan sehari-hari.

Bila tubuh Anda kekurangan protein, maka tubuh Anda akan:
  • Menyebabkan penyakit kwashiorkor
  • Pertumbuhan yang tidak seimbang
  • Kerontokan pada rambut
  • Warna kulit dapat berubah
  • Lamanya proses penyembuhan suatu luka di tubuh
  • Susah BAB atau gangguan pencernaan
  • Cairan kurang
  • Liver dapat rusak
  • Kekebalan tubuh menurun

Fungsi Protein Bagi Tubuh


1. Pembentukan otot

Fungsi utama protein adalah untuk pembentukan otot dan sel-sel di dalam tubuh. Banyak atlit binaraga yang menjadikan protein sebagai menu utama makanan mereka. Karena protein dapat membuat otot tetap tumbuh kembang. Apabila otot yang terbentuk tetap terpiara dengan baik, maka ia akan membantu tubuh memaksimalkan pembakaran lemak sehingga berat badan tetap seimbang.

2. Meningkatkan sistem immune

Protein memegang peran utama dalam hal kekebalan tubuh. Disebutkan oleh University of California, Los Angeles bahwa mereka yang mengonsumsi protein terlalu sedikit akan jauh lebih mudah terserang penyakit.

Dan perlu diketahui bahwa sel darah putih terbuat dari protein. Sel darah putih ini sendiri dapat membantu mencegah serangan virus dan bakteri di dalam darah.

Beberapa jenis protein yang diperoleh dari susu dan whey juga berfungsi meningkatkan glutathione, yang berperan sebagai antioksidan dan memerangi bakteri serta virus.

3. Menyeimbangkan produksi hormon

Salah satu bahan untuk memproduksi hormon adalah protein. Fungsi protein di sini adalah menunjang proses sekresi, dan membantu pelepasan hormon pada tubuh, termasuk hormon testeosterone serta hormon pertumbuhan.

Menurut Richard B Kreider, Ph.D, telah banyak penelitian yang menunjukkan bukti bahwa pertumbuhan tubuh serta otot sangat dipengaruhi oleh protein. Oleh sebab itu, sejak dini, anak-anak harus diberi kecukupan asupan protein agar pertumbuhannya baik.

Fungsi Protein Lain

Protein juga penting bagi kesehatan liver, di mana ia akan membantu memperbaiki sel-sel liver yang rusak, terutama yang sedang sakit atau terlalu sering mengonsumsi alkohol.

Makanan Yang Mengandung Protein


Makanan tinggi protein dan makanan protein tinggi bisa Anda temukan pada produk susu, produk kedelai, telur, ikan laut dan lain sebagainya. Oleh karena itu, masukkan protein dalam daftar belanja Anda yuk.