5 Manfaat Telur Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui | Lifestyle News 5 Manfaat Telur Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui | Lifestyle News

5 Manfaat Telur Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Kandungan dan Manfaat Telur Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui | khasiat dan manfaat kuning telur  - Telur tak hanya lezat dan dapat menghilangkan bekas jerawat serta diolah menjadi berbagai macam makanan. Tapi juga kaya nutrisi seperti vitamin B, mineral dan protein. Ada satu studi yang menemukan bahwa sarapan dengan telur bisa membantu mengurangi hasrat makan makanan bergula dan berlemak saat jam makan siang, ketimbang sarapan sereal dan susu. Masih ada beberapa manfaat dan fakta lain dari telur yang mungkin belum banyak diketahui. Ini daftarnya, seperti dikutip dari Wolipop.com.
5 Manfaat Telur Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui
(Foto: Morguefile)

Manfaat Telur Bagi Kesehatan


1. Manfaat Kuning Telur

Kuning telur merupakan salah satu sumber vitamin B-kompleks dan choline yang dikenal baik untuk membantu fungsi sistem syaraf. Choline juga membantu perkembangan otak pada janin ketika dikonsumsi wanita hamil.

2. Memicu Rasa Bahagia


Selain baik untuk perkembangan otak janin, choline yang terkandung dalam kuning telur juga bisa memicu rasa bahagia. Drew Ramsey, psikiater yang khusus mempelajari diet mengatakan, ketika dicerna oleh tubuh, choline akan berubah menjadi zat yang membantu produksi hormon bahagia seperti serotonin, dopamin dan norephinephrine.

3. Sumber Protein yang Sempurna


Protein pada telur berkualitas paling baik. Sebab kandungan protein di dalam telur mudah diserap dan langsung digunakan oleh tubuh sebagai bahan bakar untuk aktivitas yang lebih maksimal. Hal itu diungkapkan oleh pakar nutrisi Cynthia Sass, R.D.

4. Kualitas Telur Bisa Diketahui dari Kuningnya


Warna kuning telur tidak selalu sama pada setiap telur ayam. Ada yang kuning pekat mendekati oranye, ada pula yang kuning pucat. Namun itu tidak selalu menentukan tingkat kualitasnya. Menurut American Egg Association, pekat/pucatnya kuning telur mengindikasikan makanan yang dikonsumsi ayam petelur.

Ayam yang diberi makan gandum dan rumput-rumputan kaya karoten umumnya memiliki warna kuning yang lebih mencolok. Tapi tidak menjamin apakah telur itu lebih bernutrisi dibandingkan kuning telur yang pucat atau tidak. Warna kuning telur juga bisa menggambarkan kesehatan ayam. Menurut Dr. Hilary Shallo Thesma dari Egg Nutrition Center, ayam petelur yang dibiarkan bebas (tidak selalu di kandang) punya 'akses' untuk mendapatkan makanan yang lebih beragam, sehingga menghasilkan kuning telur yang warnanya lebih gelap.

5. Usia Telur Bisa Dilihat dari Kejernihan Putih Telur


Anda mungkin pernah mendapati ada putih telur yang bening atau yang sedikit milky. Kejernihan/kepekatan putih telur bisa mengindikasikan usia telur itu sendiri. Putih telur yang bening biasanya sudah cukup lama disimpan. Sementara putih telur yang agak keruh adalah yang baru ditelurkan oleh ayam.