Kekurangan Vitamin D menyebabkan Penyakit Ini

Kekurangan vitamin D - Sama hanya seperti vitamin-vitamin lainnya, vitamin D juga bermanfaat dan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Fungsi vitamin D bagi tubuh adalah berperan untuk membentuk struktur tulang dan gigi yang baik, dan juga penting bagi kesehatan tubuh. Sumber vitamin D bisa Anda dapatkan secara gratis dan cuma-cuma dari sinar matahari.
Kekurangan Vitamin D menyebabkan Penyakit Ini
Foto By: Pixabay.com

Untuk membuat bada Anda agar tetap sehat dan fit, semua jenis vitamin sangat di anjurkan untuk Anda konsumsi, untuk menjalankan fungsi organ tubuh dengan baik. Seperti dilansir dari medicinenet.com akibat kekurangan vitamin D bisa mengakibatkan nyeri pada tulang, dan kelemahan otot. Tapi hal ini tidak selalu terjadi, Ladies. Terkadang meskipun Anda kekurangan vitamin D, tubuh tidak menunjukkan gejala apa pun. 

Guna vitamin D lainnya adalah mengatur tingkat kalsium dan fosfat dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan kesehatan tulang. Kekurangan vitamin D juga bisa mengakibatkan risiko tinggi terserang penyakit tulang rakhitis yang banyak diderita oleh anak-anak. Hal ini menyebabkan adanya pelunakan dan mineralisasi tulang sehingga menimbulkan kelainan bentuk tulang.

Bukan hanya rakhitis saja yang menjadi risiko kekurangan vitamin D, penyakit tulang lain yang disebut dengan osteomalacia juga bisa terjadi, yaitu keadaan melemahnya tulang pada orang dewasa. Namun Anda tidak perlu datang ke dokter jika mengalami kekurangan vitamin D, kecuali jika Anda mengidap rakhitis atau osteomalacia.

Kekurangan vitamin D bisa diatasi dengan mengonsumsi suplemen dan makan makanan yang memiliki kandungan vitamin D. Jika memungkinkan, keluar untuk jalan-jalan di pagi hari sekitar pukul tujuh selama 30 menit juga bagus untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin D, dan bisa juga berjemur di bawah sinar matahari sesaat.

Bukan hanya dari matahari saja yang menjadi sumber utama vitamin D, sumber vitamin D pada makanan berikut seperti lemak ikan, minyak ikan dan telur bisa juga Anda konsumsi. Untuk menjaga kesehatan dan tubuh memang harus memberikan asupan gizi seimbang, tidak terkecuali untuk vitamin D, Ladies.

Nah, itulah ladies dampak dan akibat kekurangan vitamin D. Maka dari itu, penuhilah asupan vitamin D dengan cara alami di atas tanpa harus meminum suplemen vitamin D. Ketahui juga tanda tubuh kurang vitamin dan makanan untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat!