Rendang dan Nasi Goreng Termasuk 10 Makanan Paling Enak di Dunia

Foto berbagai sumber
Sudah bukan rahasia lagi jika setiap negara memiliki kuliner unggulan, termasuk Indonesia. Indonesia boleh bangga. Dua hidangan khas nusantara, rendang dan nasi goreng, masuk dalam jajaran teratas daftar makanan paling lezat di dunia. Walaupun belum seterkenal masakan China, Jepang dan Korea, masyarakat dari negara lain mulai melirik kekayaan dan kelezatan kuliner kita.

Tidak percaya?

Situs Travel CNN telah merilis 50 makanan paling enak di dunia. Hasil tersebut diambil dari polling yang diisi oleh mereka yang menyukai makanan-makanan lezat, termasuk para traveler yang senang keliling dunia. Anda bisa melihat 10 makanan paling enak di bawah. Seperti dikutip dari Vemale.com, Dijamin, Anda pasti ingin tahu Indonesia ada di urutan berapa. Dimulai dari urutan sepuluh:


10. Massaman Curry - Thailand
(c) academic.ru
Seperti namanya, ini adalah salah satu bentuk keanekaragaman kari di Asia. Beberapa masakan Thailand memiliki citarasa yang hampir sama dengan masakan Indonesia, jadi Anda pasti sudah terbiasa dengan penampilan kari seperti ini.

Massaman Curry atau Kari Massaman memiliki rasa pedas, gurih dan manis. Rasanya sebenarnya tidak jauh beda dengan kari yang ada di Indonesia. Kadang Massaman Curry ditaburi kacang goreng sebagai penambah kelezatan. Perpaduan citarasa itu menyatu dan memberi rasa yang enak saat dinikmati dengan nasi hangat. Nyam..

9. Peking Duck - China
(c) msihua
Peking Duck atau Bebek Peking, mungkin Anda sudah pernah mencoba kelezatannya tanpa harus jauh-jauh pergi ke China. Kelezatan Bebek Peking memang sudah mendunia, karena itulah hampir di setiap negara selalu ada restoran China yang menyajikan hidangan ini.

Tidak seperti masakan bebek kebanyakan yang terasa alot, daging Bebek Peking memiliki rasa yang empuk dan lezat. Biasanya Bebek Peking akan dimasak utuh, lalu ada juru masak yang akan mengiris daging bebek dengan teknik khusus. Daging yang sudah diiris itu bisa dimakan dengan saus khusus atau dimakan bersama hidangan yang lain.

8. Ramen - Jepang
(c) fanpop
Para pecinta kuliner Jepang atau pecinta kartun Jepang pasti tidak asing dengan makanan yang satu ini. Ramen atau Mie Ramen adalah salah satu kuliner Jepang yang sudah keliling dunia berkat kelezatannya. Kuah ramen hangat yang gurih dan lezat bisa menemani saat santai, apalagi saat hujan.

Di Jepang sendiri, Ramen sudah menjadi makanan yang dijual mulai dari gerobak sederhana hingga rumah makan mewah. Di Indonesia sendiri, demam Ramen sedang melanda. Banyak supermarket laris manis menjual Ramen instant, beberapa restoran Jepang di Indonesia juga menyajikan hidangan ini.

7. Dim Sum - Hong Kong
(c) redvisitor
Anda pasti tidak asing dengan Dim Sum, makanan yang di Indonesia lebih dikenal sebagai pangsit ini memiliki rasa yang sangat lezat. Tidak banyak makanan kukus yang disukai karena cenderung hambar, tetapi Dim Sum melenyapkan asumsi itu karena rasanya lezat walaupun melalui proses kukus.

Kelezatan Dim Sum terletak pada pengolahan daging yang digunakan, bumbu racikan, termasuk kulit pembungkusnya. Teknik mengukus Dim Sum juga penting untuk menjaga kelezatan hidangan ini. Tidak heran jika Dim Sum sering tampil dalam harga yang lumayan mahal. Tapi semua itu terbayar dengan rasanya yang sangat lezat.

6. Som Tam - Thailand
(c) nomadicsamuel
Sekilas, hidangan ini mirip Karedok Jakarta. Som Tam adalah hidangan yang sangat segar karena terbuat dari berbagai buah dan sayuran mentah. Di udara yang panas, hidangan ini bisa mengenyangkan, sehat, segar dan lezat. Tidak salah jika Som Tam masuk ke dalam daftar 10 makanan terenak di dunia.

Yang membedakan Som Tam dengan Karedok adalah penggunaan irisan pepaya yang hampir matang di dalamnya, siraman saus kacang dipadu dengan saus ikan, perasan air lemon dan air tomat. Nyam.. pasti segar sekali hidangan ini.

5. Pad Thai - Thailand

(c) wikipedia
Yup, sekali lagi hidangan Thailand masuk dalam daftar makanan paling enak di dunia. Kali ini adalah hidangan yang mirip dengan Kwetiau goreng yang biasa ada di berbagai menu restoran Indonesia. Pasti terbayang bagaimana lezatnya hidangan ini.

Pad Thai biasanya terdiri dari kwetiau, udang atau ayam, telur, taburan kecambah mentah dan irisan daun bawang. Yang membuat Pad Thai terasa istimewa dan lezat adalah campuran saus ikan dan saus kunyit serta bubuk cabai yang tercampur di dalamnya. Sehingga citarasa gurih khas sea food sangat terasa dalam hidangan ini.

4. Tom Yam - Thailand

(c) thailandemagazine
Kalau yang satu ini Anda pasti sudah kenal. Tom Yam adalah salah satu masakan Thailand yang terlebih dahulu dikenal dunia, termasuk Indonesia. Yang membuat hidangan ini spesial adalah rasa kuahnya yang segar dan tidak amis walaupun ada banyak campuran seafood di dalamnya.

Tom Yam terasa segar karena mengandung tomat perasan air lemon, dan rempah-rempah lain yang membuat hidangan ini semakin nikmat. Beberapa pembuat Tom Yam juga menambahkan santan sebagai penambah citarasa. Tidak heran jika Tom Yam bersahabat dengan lidah orang Indonesia.

3. Sushi - Jepang

(c) bigfon
Beberapa tahun ini, berbagai hidangan khas Jepang sangat disukai di Indonesia, lihat saja berbagai restoran Jepang berkembang pesat dan semakin digemari dari hari ke hari. Sushi yang dianggap aneh karena memakai hidangan laut mentah, nyatanya mulai akrab diterima banyak orang.

Kelezatan Sushi bervariasi, ada yang dihidangkan sesuai tradisi Jepang yang suka mentah, ada juga restoran yang memberi variasi Sushi matang atau setengah matang pada berbagai ikan dan pelengkapnya. Karena itu, Sushi masuk dalam daftar makanan terlezat di dunia.

2. Nasi Goreng - Indonesia
(c) shutterstock
Yuhu.. sampailah kita pada hidangan khas Indonesia. Siapa sangka Nasi Goreng yang seringkali terlihat sederhana dan remeh membuatnya bisa menjadi hidangan terlezat di dunia pada urutan kedua. Di Indonesia, hidangan ini ada mulai dari kaki lima hingga restoran bintang lima.

Beberapa orang terkenal dan selebritis dunia sering memuji kelezatan Nasi Goreng khas Indonesia. Tidak salah memang, karena Nasi Goreng memiliki ragam rasa yang bisa disesuaikan dengan selera. Nasi Goreng hangat dengan tambahan telur ceplok setengah matang pasti aduhai sekali memanjakan lidah kita.

1. Rendang - Indonesia
(c) Stuart Spivack/wikimedia
Nyam-nyam.. hidangan ini sangat lezat dan disukai banyak orang. Walaupun penampakan Rendang terlihat biasa saja dan cenderung tidak menggugah selera makan, jika sudah digigit dan dikunyah, pasti banyak orang menyukai Rendang. Hidangan asli Sumatra Barat ini akhirnya dinobatkan sebagai masakan paling enak di dunia.

Rendang tidak hanya berupa Rendang Daging, ada banyak variasi Rendang yang harus Anda coba. Ada Rendang Seafood, Rendang Bebek, Rendang Kentang dan sebagainya. Apapun lauk yang dipakai untuk membuat Rendang, kelezatan bumbu dan rempah-rempah yang dipakai tidak ada duanya.

Bangga dong Indonesia ada di urutan pertama dan kedua :)

(vemale.com)