10 Dari 40 Makanan Indonesia Yang Disukai Bule

10 Dari 40 Makanan Indonesia Yang Disukai Bule
(Foto: sederhanasunangiri.blogspot.com)
Makanan paling enak di indonesia | Makanan indonesia yang di sukai bule - Tak hanya orang Indonesia saja yang bilang masakan nusantara paling enak, tapi bule juga mengakui bahwa masakan Indonesia enak. Bahkan makanan dari Indonesia pernah masuk 1 dari 10 makanan terenak di dunia, seperti Rendang dan Nasi Goreng seperti di beritakan CNN Travel beberapa waktu yang lalu. Dan ternyata kali ini tak hanya Rendang dan Nasi Goreng saja yang jadi favorit bule. Tapi ada lagi 40 makanan nusantara lainnya yang ternyata menarik lidah si bule. Nah, kali ini CNN Travel memposting lagi 40 masakan terenak di Indonesia. Dari 40 makanan terenak kami menyajikan 10 makanan saja di sini. Bila Anda ingin mengetahui ke 40 makanan lainnya, Anda bisa langsung mengunjungi situs CNN disini.


Makanan Indonesia Yang Disukai Bule


1. Sambal

Apapun makanannya, selalu lezat kalau ada sambal. Sambal juga bikin nafsu makan meningkat apalagi kalau disajikan sesuai selera dan sesuai dengan makanannya. Ada berbagai macam sambal yang ada di Indonesia, salah satunya adalah sambal terasi, sambal tomat, sambal bawang, sambal matah, dan lain sebagainya.

Keunikan racikan sambal ini ternyata menarik bagi para bule, sehingga menjadi salah satu menu yang diburu apabila mereka berkunjung ke Indonesia.

2. Sate

Kalau di barat disebut barbekyu, tapi di sini lebih spicy serta menarik. Dengan beraneka ragam bumbu khas Indonesia, sate yang biasanya disajikan dengan lontong, ketupat atau nasi ini juga menjadi menu makanan yang berhasil memikat hati para bule.

3. Bakso

Pergi ke Malang, Jawa Timur, wajib mencicipi beraneka ragam sajian bakso. Ada yang disajikan dalam bentuk porsi besar, ada pula yang dibakar. Bakso Malang ternyata menjadi panganan yang beken di seluruh Indonesia, dan di mata para bule. Bahkan, presiden AS, Barack Obama saja sampai ketagihan dengan menu makanan ini.

Bakso biasa dijajakan oleh pedagang kaki lima, dan ada pula yang naik kelas menjadi depot bakso, menu otentik Indonesia ini tetap menarik bagaimanapun kreativitas menjualnya.

4. Soto

Kalau India punya kare, nah Indonesia punya soto yang sebenarnya juga beragam bumbunya, tergantung dari mana daerah tersebut berasal. Ada soto Lamongan, soto Betawi, soto Madura, dan berbagai jenis soto lainnya yang berbumbu dan sangat menggiurkan. Menggunakan potongan daging ayam, atau daging sapi atau juga kambing, menu yang satu ini memikat hati setiap pelahapnya.

5. Gado-Gado

Katanya sih mirip dengan salad, tetapi disajikan dengan saus kacang yang dimasak menggunakan santan. Potongan sayurnya ada yang segar, ada yang terlebih dahulu direbus. Biasanya terdiri dari potongan mentimun, tahu, taoge, tomat, kentang, jagung, bayam, telur dan tempe. Dilengkapi taburan kerupuk yang disiram kuah kacang, ahhh... gado-gado selalu menjadi idola.

6. Nasi Uduk

Nasi yang satu ini menu khas dari Betawi. Cara memasak nasinya berbeda dan unik, karena dimasak dengan menggunakan santan, sehingga nasi yang dihasilkan sangat gurih dan wangi. Disajikan dengan ayam goreng, telur rebus, tempe, dan kerupuk mlinjo, nasi uduk paling top apabila dinikmati selagi hangat.

7. Nasi Padang

Nah, yang dari Sumatra pasti paham bagaimana kenikmatan rasa asli Indonesia yang satu ini kan? Beredar di berbagai kota, warung atau resto Padang selalu laris manis menjadi salah satu tujuan wisata kuliner. Ada beragam menu masakan mulai dari ikan, ayam, hingga daging merah yang dikemas dengan aneka bumbu lezat. Uniknya, penyajiannya selalu diiringi dengan daun singkong rebus serta sambal hijau yang bikin ingin selalu nambah.

8. Ayam Goreng

Berbeda dengan ayam goreng yang beredar di negara barat, ayam goreng di Indonesia biasa diolah dengan bumbu rempah yang lebih lezat dan bergizi. Warnanya akan berubah menjadi kuning keemasan saat digoreng, dan dagingnya beraroma harum kunyit dan ketumbar. Biasa disajikan dengan sambal, ayam goreng khas Indonesia ini bikin para bule kangen berkunjung ke Indonesia.

9. Gudeg

Khas Yogyakarta, makanan yang berbahan dasar nangka muda ini punya rasa manis dan legit. Dimasak dengan menggunakan campuran dari santan serta gula merah, nangka muda menjadi begitu manis, lembut dan legit. Biasa disajikan dengan telur rebus serta dikemas dalam kuali sehingga kabarnya lebih tahan lama.

10. Rawon

Daging sapi yang diolah dengan menggunakan keluak ini langsung terasa sedap dan empuk. Dengan kuah khas berwarna hitamnya, justru menu satu ini semakin mengundang selera. Disajikan dengan taburan taoge mentah, sambal serta kerupuk udang, rawon paling lezat dinikmati selagi hangat.

Wah, ternyata bule saja sampai tergila-gila pada menu masakan Indonesia. Tugas kita untuk tetap melestarikan dan semakin mencintai menu masakan Indonesia.


Lihat juga:
Resep Mie Aceh