5 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

5 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan
(Foto: Morguefile)
5 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan  | Manfaat Bersepeda bagi Wanita, Pria, untuk Diet, bagi lingkungan, bagi tubuh, dan di pagi hari - Sekarang bersepeda lagi ngetren, baik di kota besar hingga kota kecil, bahkan lomba sepeda santai saja ada di adakan sepanjang tahun di tiap daerah. Bersepeda sama seperti lari atau jalan kaki, sama-sama menyehatkan tubuh kita. Bersepeda sangat banyak manfaatnya dari segi kesehatan, berikut ini 5 manfaat bersepeda untuk kesehatan Anda, seperti dikutip dari kompas.com

1. Membuat kaki Anda kuat

Saat naik sepeda, kaki sangat berperan. Jadi, kaki Anda akan kuat karena sering mengayuh sepeda. Dan otot kaki, paha serta perut akan akan terbentuk otot juga. Oleh karena itu, kekuatan otot tubuh ini juga akan memengaruhi kekuatan jantung Anda.

2. Mencerahkan wajah
Bersepeda juga punya manfaat untuk kulit Anda, lho. Dengan bersepeda, sirkulasi darah dan metabolisme akan berjalan lancar. Ini berarti sirkulasi oksigen dan nutrisi yang dikirim ke sel kulit akan berjalan lebih cepat. Akibatnya, wajah akan terlihat lebih bersinar dan segar. Tak cuma itu, bersepeda juga akan membantu pelepasan endorfin yang bisa membuat Anda jadi lebih tenang dan santai.

3. Pikiran jadi tenang
Bersepeda mampu memberikan keheningan dan kesempatan untuk mengosongkan kepala Anda sejenak. Apalagi yang lebih menenangkan selain bersepeda santai sambil menghirup udara segar dan berjemur di bawah hangatnya sinar matahari?

4. Membuat awet muda
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh King College, London, menemukan bahwa orang yang gemar bersepeda ternyata bisa terlihat tetap awet muda. Penelitian ini dilakukan terhadap pasangan kembar identik dan membagi mereka ke dalam dua kelompok, rutin bersepeda dan tidak bersepeda.

Hasilnya, orang yang rutin bersepeda tiga kali seminggu selama 45 menit terbukti terlihat lebih muda sembilan tahun secara biologis dibandingkan dengan kembarannya yang tak berolahraga.

5. Siapa tahu bertemu jodoh?
Olahraga ini biasanya lebih diminati pria daripada perempuan. Rasio pesepeda pria dan perempuan berkisar 3:1. Nah, siapa tahu Anda bertemu dengan teman baru atau bahkan calon pasangan di komunitas bersepeda yang Anda ikuti. Menyenangkan, kan?
close