10 Cara Alami Menghilangkan Ketombe | Lifestyle News 10 Cara Alami Menghilangkan Ketombe | Lifestyle News

10 Cara Alami Menghilangkan Ketombe

Cara menghilangkan ketombe dengan cepat - Apakah shampo anti ketombe yang Anda gunakan tidak benar-benar menghilangkan ketombe? Dan malah membuat ketombe Anda semakin parah? Jika iya, kami akan membagikan tips untuk Anda untuk menghilangkan ketombe secara alami. Cara ini sangat aman dan mudah di gunakan kapan saja. Ingat, ketombe yang parah bila tidak cepat di atasi dapat menyebabkan masalah lain pada rambut dan kulit kepala, seperti rambut rontok dan rambut kering.

cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok
(c) Morguefile
Perlu diketahui juga, bahwa mengatasi ketombe dengan produk anti ketombe yang di jual di pasar cuma akan membuat ketombe hilang setelah keramas saja dan besoknya akan muncul lagi. Itu diakibatkan karena kandungan bahan kimia di shampo tersebut dan juga shampo yang Anda gunakan tidak sesuai dengan kondisi rambut Anda.

Cara ampuh untuk mengatasi ketombe tidak lagi balik adalah dengan cara alami. Berikut 7 cara menghilangkan ketombe secara alami yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Cara Menghilangkan Ketombe

  • Perasan jeruk nipis. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis sangat ampuh untuk mengatasi ketombe. Caranya peras air jeruk nipis langsung ke kulit kepala dan diamkan selam 15-20 menit. Kemudian bilas sampai bersih.
  • Tetap jaga agar sisir rambut Anda tetap bersih, karena sisa ketombe yang menempel disisir akan memicu ketombe balik lagi. Maka cuci sisir rambut dengan bersih.
  • Suci bersih bantal dan sepre tempat tidur Anda. Karena ketombe yang menempel disitu juga dapat memicu ketombe balik lagi.
  • Makan dengan baik. Cobalah untuk meningkatkan asupan buah-buahan dan sayuran mentah, dan mengurangi jumlah gula, susu, gorengan dan makanan berlemak yang Anda konsumsi. Perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin C dan E,karena vitamin E dan C berfungsi untuk mengurangi berkembangnya ketombe di kulit kepala.
  • Campurkan sedikit cuka dengan air putih dan gunakan campuran cuka dan air untuk membilas rambut,bilasan air cuka dapat membantu menyeimbangkan tingkat PH kulit kepala anda dan mencegah kekeringan atau minyak.
  • Tambahkan beberapa tetesan minyak teh pada shampo yang anda gunakan,jika jamur adalah masalah dari ketombe anda minyak teh adalah obat yang sangat baik karena minyak teh sebagai anti jamur dan membersihkan kulit kepala dengan baik.
  • Pastikan kulit kepala anda tetap lembab dengan menggunakan pelembab dan kondisioner secara teratur.
  • Gunakan shampo yang tepat untuk jenis rambut anda,jika rambut anda kering gunakan shampo untuk perawatan rambut kering,jika rambut anda berminyak gunakan shampo untuk perawatan kulit berminyak karena rambut kering dan berminyak dapat mendorong munculnya ketombe lebih banyak.
  • Pergunakan shampoo anti ketombe dengan bahan-bahan alami,karena jenis shampo tersebut tidak mengandung bahan kimia yang dapat memperbanyak timbulnya ketombe di kepala.
  • Jangan gunakan air panas/hangat pada kulit yang berketombe karena air panas/hangat dapat menyebabkan terbukanya pori-pori kulit kepala sehingga keluarnya minyak alami kulit sehingga menyebabkan kulit kepala menjadi kering.
Itulah beberapa cara alami menghilangkan ketombe. Mudah-mudahan dengan mengetahui cara dan tips menghilangkan ketombe di atas, masalah ketombe Anda akan teratasi dan semoga bermanfaat.