8 Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat

Cara mengobati sariawan - Munculnya sariawan pada mulut pasti sangat mengganggu sekali aktivitas kita, apalagi rasa sakit yang timbul, pastinya akan membuat kita tidak bisa mengkonsumsi makanan apapun. Ciri-ciri mulut terkena sariawan adalah timbulnya bercak-bercak putih dan kuning yang agak cekung. Umumnya perempuan lebih sering menderita sariawan daripada pria.
cara mengobati sariawan
Cara Mengobati Sariawan (c) Pixabay

Faktor dan penyebab sariawan pada mulut umumnya disebabkan oleh tergigit dan bisa juga karena makanan pedas, alergi, kekurangan vitamin C, zat besi, mulut tidak bersih dan juga kondisi tubuh tidak fit. Sariawan bisa muncul dimana saja di dalam mulut, bisa di belakang dinding pipi, di bawah atau di atas lidah, atau di langit-langit mulut. Dan sariawan juga bisa membuat mulut jadi bau juga.

Bila Anda resah dan bingung mencari obat apa yang bisa mengatasi sariawan, jangan kuatir karena kami akan memberikan cara untuk mengatasi sariawan di mulut Anda, berikut 8 cara mengobati sariawan yang mengganggu yang di lansir dari Vemale.com.

Cara Mengobati Sariawan


1. Jangan Makan Yang Asam-Asam

Makanan yang asam tidak hanya membuat diare, tetapi juga dapat membuat mulut terkena sariawan. Nah, bila sariawan di mulut Anda cepat reda, sebaiknya stop mengkonsumsi makanan yang asam-asam, seperti buah lemon dan jeruk.

2. Vitamin B

Seseorang yang kekurangan zat besi atau B 12 akan lebih mudah untuk mengalami sariawan. Tidak tanggung-tanggung ini Ladies, jika Anda kekurangan zat besi atau B 12 sariawan yang tumbuh bisa parah dan tak kunjung sembuh. Jadi Anda sudah tahu kan Ladies apa penyebab sariawan? Suplemen vitamin B 12, suplemen b 9, serta makanan yang banyak mengandung seng dan zat besi dapat membantu Anda untuk mencegah dan menyembuhkan sariawan.

3. Air dan baking soda

Usapkan campuran pasta baking soda dan air pada bagian yang tumbuh sariawan. Tapi Anda pasti sudah mengira kalau rasanya perih sekali. Tetapi semakin perih yang Anda rasakan, akan semakin efektif obat ini bekerja. Bahan campuran air dan pasta baking soda ini adalah cara cepat menyembuhkan sariawan.

4. Air kelapa

Terkadang, sariawan disebabkan oleh panas tubuh yang berlebihan. Air kelapa dipercaya dapat memberikan efek dingin. Konsumsilah air kelapa untuk menstabilkan panas tubuh dan mengurangi sariawan.

5. Air dan garam

Air yang dicampur garam ternyata juga salah satu campuran untuk mengatasi sariawan. Kumurkan air garam selama dua atau tiga kali sehari untuk mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman yang ditimbulkan oleh sariawan. Air garam juga dipercaya dapat mengurangi infeksi pada mulut Anda.

6. Gliserin

Anda bisa mendapatkan gliserin di apotek atau supermarket terdekat dari rumah Anda. Gliserin dapat mengurangi produksi air liur yang membuat sariawan semakin terinfeksi. Dengan cara kerja seperti itu, gliserin dapat membantu penyembuhan sariawan Anda.

7. Kurangi konsumsi kopi

Kopi memberikan efek diuretik sehingga dapat mengurangi kadar air dalam tubuh. Sehingga ketika kadar air dalam tubuh berkurang, panas tubuh meningkat. Ketika panas tubuh meningkat, Anda pasti bisa menebak apa yang terjadi. Ya, sariawan pun tak kunjung sembuh.

8. Vitamin C

Untuk mempercepat proses penyembuhan, selain mengonsumsi suplemen vitamin B 12 atau menambah konsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi, vitamin C juga memiliki peran yang hampir sama dalam mengatasi sariawan. Memperbanyak konsumsi vitamin C juga dapat membantu proses penyembuhan sariawan Anda.

Itulah 8 cara mengobati sariawan di mulut, mudah-mudahan dengan mencoba salah satu cara di atas sariawan di mulut Anda cepat menghilang ladies. Bila sudah melakukan ke semua cara di atas tetapi sariawan tak kunjung hilang juga, jangan lupa untuk mengunjungi dokter supaya mendapatkan penanganan yang benar dan aman. Sekian dan semoga bermanfaat.