5 Tips Mencuci Baju Supaya Tidak Bau Di Musim Hujan

Lifestyle News - Bila musim hujan tiba seperti sekarang ini, pasti akan sangat berdampak bagi aktivitas sehari-hari Anda. Salah satu dampak akibat musim hujan adalah Anda tidak bisa menjemur pakaian. Karena cuaca sering tidak cerah, hal tersebut akan membuat pakaian Anda jadi bau.

Bila menggunakan mesin suci, pasti tidak terlalu jadi masalah akan baju jadi bau, karena mesin suci bisa mengeringkan baju, jadi tidak perlu lagi menjemur. Baca juga tips mencuci baju dengan mesin suci. Nah bagi yang mencuci pakai tangan, pasti musim hujan menjadi masalah serius.
5 Tips Mencuci Baju Supaya Tidak Bau Di Musim Hujan
(c) Pixabay

Namun tenang saja, semua masalah pasti ada solusinya. Anda bisa kok mencuci baju di musim hujan dengan tangan tanpa perlu kuatir baju jadi bau. Berikut trik mencuci baju agar tidak bau di musim hujan seperti dilansir dari Vemale.com.

1. Saat direndam

Sebelum direndam, pisahkan terlebih dahulu pakaian yang berwarna dengan yang putih. Setelah itu baru rendam dengan sabun cuci dalam air dingin atau air biasa selama 25 menit. Jika direndam dalam air panas, pakaian bisa menjadi cepat lusuh dan warnanya memudar, Ladies.

2. Saat mengucek


Setelah direndam selama kurang lebih 25 menit, langkah selanjutnya adalah mengucek. Saat melakukan tahap ini, mulanya lakukan dengan perlahan, setelah itu baru tambah kecepatan dalam mengucek. Sebelumnya Anda perlu menyiapkan satu atau dua ember yang berisi air bersih untuk tempat cucian yang telah dikucek tersebut.

3. Saat membilas


Tahap selanjutnya adalah membilas. Saat melakukan pembilasan, periksa dan pastikan bahwa tidak ada noda yang tertinggal. Jika dirasa masih ada, segera kucek kembali hingga benar-benar bersih dan tidak ada yang membekas. Setelah itu baru bilas lagi hingga bersih.

4. Saat menjemur


Bisa dibilang proses ini adalah proses yang paling penting dalam menghindari bau apek selama musim hujan. Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat tempat jemuran di dalam ruangan yang tidak memaparkan cahaya matahari secara langsung. Di samping itu, Anda bisa menambahkan kipas angin dan lampu pada ruangan tersebut untuk membantu proses pengeringan.

5. Saat menyetrika


Setelah dijemur, tahap selanjutnya adalah menyetrika. Setrika satu-persatu pakaian Anda, dan jika menemukan ada bagian yang belum kering betul, Anda bisa segara menyetrikanya. Setelah dirasa benar-benar kering, semprotkan pewangi. Usahakan tidak menyemprotkannya ketika masih basah ya, karena justru membuat baju Anda berbau tidak sedap.

Itulah 5 trik dan tips cara mencuci maju di musim hujan supaya tidak bau. Semoga dengan tips di atas bisa membantu Anda dalam mencuci baju agar tidak bau. Baca juga cara membuat pakaian agar tidak luntur dan pudar. Semoga bermanfaat!