5 Cara Mencegah Jerawat Secara Alami | Lifestyle News 5 Cara Mencegah Jerawat Secara Alami | Lifestyle News

5 Cara Mencegah Jerawat Secara Alami

Cara mencegah jerawat - Kalau masalah jerawat, pasti hampir seluruh penduduk di dunia pernah merasakan tumbuhnya jerawat. Jerawat biasanya tumbuh pada saat seseorang memasuki usia puber, dan bisa hilang dengan sendirinya pada saat mereka memasuki usia dewasa. Tapi permasalahannya banyak juga yang sudah dewasa tapi jerawatnya tidak kunjung hilang dan malah bertambah banyak, serta membuat kulit wajah jadi hancur dengan bekas yang di tinggalkannya.

cara mencegah jerawat
(c) Pixabay.com
Memang faktor penyebab jerawat bukan hanya karena pubertas saja, banyak sekali penyebab jerawat lainnya, seperti kondisi wajah berminyak, faktor keturunan, kelebihan hormon, tidak menjaga kebersihan wajah, makanan yang Anda konsumsi dan stress juga bisa menyebabkan jerawat. Sebelum akibat yang di timbulkan oleh jerawat pada kulit wajah Anda akan membuat kulit semakin rusak, Anda perlu melakukan beberapa cara untuk mencegah jerawat timbul lagi.

Seperti dilansir dari Magforwomen.com, ini cara mencegah jerawat.

Cara Mencegah Jerawat


1. Perhatikan Wajah Agar Selalu Bersih

Menjaga wajah agar tetap bersih adalah faktor utama untuk mencegah jerawat muncul lagi. Karena udara yang kotor, polusi, dan pemakainya makeup dapat membuat pori-pori wajah Anda tersumbat dan dapat memicu jerawat. Maka, Anda pun harus rajin mencuci wajah setidaknya dua atau tiga kali sehari. Gunakan pembersih wajah yang ringan dan lembut. Setelah membersihkan wajah, keringkan wajah dengan handuk bersih.

2. Jangan Konsumsi Makanan Berminyak

Cegah jerawat secara alami lainnya adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan yang berminyak. Karena makanan yang mengandung minyak justru dapat membuat jerawat di wajah Anda semakin parah. Anda perlu menghindari mengkonsumsi makanan yang di goreng, seperti ikan goreng, kue, gorengan, dan lainnya. Selain itu, hindari pula makanan yang terlalu manis atau asin, karena selain tidak baik untuk kesehatan, itu juga tidak baik untuk kesehatan kulit.

3. Melembapkan

Cara mencegah jerawat yang ketikan yaitu oleskan pelembap yang mengandung formula anti-jerawat untuk mencegah timbulnya jerawat. Kekeringan pada kulit dapat menyebabkan gatal-gatal dan ketika Anda menggaruknya, itu akan meninggalkan bekas luka pada kulit wajah. Pilihlah produk pelembap sesuai jenis kulit Anda.

4. Produk Anti-Jerawat

Ada beberapa produk yang dapat membersihkan kulit dari minyak berlebih dan juga menghilangkan bakteri. Namun, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih produk anti-jerawat, karena itu bisa menyebabkan kondisi jerawat menjadi lebih parah, jika Anda memiliki kulit yang benar-benar sensitif.

5. Menggunakan Sedikit Makeup

Kebanyakan wanita sering mencoba untuk menutupi jerawat atau bekas jerawat dengan memakai makeup tebal. Tetapi tahukah Anda bahwa makeup menyumbat pori-pori kulit untuk waktu yang lama dan bahan kimia di dalamnya dapat membuat kondisi jerawat menjadi semakin buruk. Maka, hindari terlalu sering memakai makeup tebal. Pada hari-hari biasa, usahakan untuk tidak memakai makeup sama sekali, agar kulit Anda bisa bernapas lega.

Itulah cara mencegah jerawat di wajah Anda agar timbul lagi. Ikuti tips dan cara di atas supaya jerawat di wajah Anda cepat pergi dan tidak muncul lagi. Semoga bermanfaat!