8 Tanda Tubuh Kekurangan Air Putih | Lifestyle News 8 Tanda Tubuh Kekurangan Air Putih | Lifestyle News

8 Tanda Tubuh Kekurangan Air Putih

8 Tanda Tubuh Kekurangan Air Putih
(c) Morguefile
8 Tanda Tubuh Kekurangan Air Putih - Banyak orang yang salah mengartikan bahwa minum air putih bila tubuh sudah haus. Tapi kita tidak perlu menunggu haus dulu untuk meminum air putih, karena bila menunggu tubuh akan dehidrasi dan akan membuat kita capek, lelah, serta kulit jadi kering.

Anda perlu juga mengetahui tanda-tanda tubuh membutuhkan cairan, karena belum tentu kita tak merasa haus tidak memerlukan minum air. Anda bisa mengetahuinya dengan cara melihat kondisi tubuh Anda seperti apa. Karena tubuh punya cara sendiri untuk bilang ke kita bahwa dia membutuhkan banyak cairan.

Dikutip dari Vemale.com, ini 8 tanda tubuh bahwa tubuh Anda memerlukan lebih banyak cairan daripada biasanya.

1. Haus

Gejala ini sangat mudah bisa ketahui bahwa tubuh membutuhkan cairan. Jangan sepelekan rasa haus, karena bisa-bisa tubuh dehidrasi dan juga bisa menimbulkan gejala penyakit lainnya.

2. Mulut Kering

Biasanya mulut kering juga tidak membuat kita merasa haus, tapi memberikan tanda kalau tubuh Anda meminta cairan yang banyak. Untuk melembabkan mulut yang kering kembali, segera minum air yang banyak, atau konsumsi buah yang banyak mengandung air.

3. Urine Berwarna Pekat

Dengan melihat air urine berwarna apa, kita bisa mengetahui tubuh kita sehat atau tidak. Coba Anda lihat warna urine Anda berwarna apa, bila warnanya tampak pekat itu tandanya Anda kurang minum air dan bisa jadi Anda terlalu lama menahan untuk buang air.

4. Menangis Tanpa Air Mata
Dalam sebuah kesempatan, bila Anda menangis namun tak mengeluarkan air mata, gejala ini bisa jadi menjadi tanda bahwa Anda dehidrasi. Rajinlah mengonsumsi air minum agar mata Anda lebih segar dan bening.

5. Kelelahan

Tubuh yang kelelahan biasanya lebih terasa sakit dan ngilu. Ini bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami dehidrasi atau akan sakit. Cobalah untuk minum air secara bertahap, selain melembabkan tubuh juga bisa mengeluarkan racun pada tubuh Anda.

6. Lapar

Lapar juga bisa menjadi salah satu tanda Anda kekurangan cairan. Coba konsumsi minuman daripada makanan. Bila Dalam 15-30 menit Anda tidak merasa lapar, tandanya Anda memang membutuhkan cairan.

7. Kulit Kering

Salah satu tanda Anda mengalami kekurangan cairan adalah kulit yang kering dan menjadi kusam. Minum air bisa membantu melembabkannya, namun tidak secara instan. Oleh karena itu, rajinlah minum air putih 8 gelas sehari atau lebih.

8. Sakit Kepala

Salah satu gejala lanjutan Anda butuh cairan adalah ketika kepala mulai terasa sakit. Hal ini bisa jadi akibat tubuh Anda tak mendapatkan cairan yang cukup.

Untuk menjaga tubuh tidak kekurangan air, minumlah air secara bertahap. Jangan minum air yang mengandung gula, karena dapat tidak sehat bagi tubuh. Minumlah air mineral, karena air mineral dapat membersihkan tubuh dari kotoran dalam tubuh. Jadi, minum air itu tidak mesti menunggu tubuh haus, minumlah bila ada tanda-tanda seperti di atas.