10 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan | Lifestyle News 10 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan | Lifestyle News

10 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

Manfaat buah durian - Siapa sih yang tidak kenal buah tropis ini yang asli berasal dari Asia Tenggara. Konon nama buat ini kenapa diberi nama durian, banyak yang menduga karena ciri khas buahnya yang keras dan berduri. Dengan harganya yang mahal, banyak yang mengatakan durian adalah rajanya buah. Walaupun hampir semua orang sangat menyukai durian, tapi ada juga yang membenci buah durian karena baunya yang terlalu tajam.
manfaat buah durian
Manfaat Buah Durian (c) Pinterdw.blogspot.com

Buah durian akan murah harganya bila sedang puncaknya musim, dan Anda bisa menyantap dengan sepuasnya dengan datang ke kebun duren di daerah-daerah penghasil durian. Di Aceh dan di Ambon misalnya, disana harganya sangat murah dan berlimpah bila sedang musimnya. Soal rasa, durian asal Indonesia pasti tidak kalah sama durian Bangkok, misalnya durian dari Lhong, Aceh, mempunyai kulit tebal dan rasa yang manis.

Bagi Anda yang suka makan durian, Anda wajib tau 10 manfaat buah durian bagi kesehatan. Berikut seperti di lansir dari Vemale.

Manfaat Buah Durian


1. Mencegah depresi dan stres

Bagi Anda yang sedang stres dan jenuh dan tidak tau harus melakukan apa, tidak tau mau pergi kemana, coba makan durian. Karena dengan memakan durian, akan membuat stres dalam tubuh menghilang dan membuat tubuh jadi rileks, sehingga mood baik Anda kembali lagi.

2. Mencegah sembelit

Kandungan serat yang ada pada durian yakni sebesar 37% ternyata bisa membantu melancarkan pencernaan. Nutrisi di dalam buah durian ini mampu menyerap air dan membuat buang air besar lebih mudah dan lancar. Selain itu, serat di dalam buah durian dapat meningkatkan ukuran dan massa tinja untuk mencegah sembelit.

3. Mencegah Anemia

Bagi Anda yang menderita kurang darah atau anemia, memakan durian dapat membantu mengatasi anemia. Folat yang ada di dalam durian ini dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah sehingga dapat secara otomatis mencegah anemia.

4. Meningkatkan kesehatan kulit

Durian juga mengandung vitamin C yang merupakan faktor penting untuk meningkatkan produksi kolagen. Kolagen sendiri adalah zat yang tugasnya membantu regenerasi kulit serta membuat kulit lebih kenyal dan segar. Nah, bagi Anda yang tidak suka makan jeruk atau lemon, durian bisa jadi sumber vitamin C alternatif.

5. Menjaga kesehatan tulang

Untuk menjaga agar tulang tetap sehat dan kuat, kalsium saja tidaklah cukup. Ternyata potassium yang terdapat pada durian tak kalah penting bagi kesehatan tulang.

6. Menjaga gula darah

Rasanya manis, tetapi durian mengandung mangan yang membantu menjaga gula darah agar tetap stabil.

7. Menjaga fungsi kelenjar thyroid

Selain yodium, tembaga juga membantu menjaga kesehatan kelenjar thyroid. Dan kandungan tembaga pada durian ini menjadi sumber yang mencukupi kebutuhan tubuh atas tembaga.

8. Mengenyangkan

Mengonsumsi durian ini juga mengenyangkan lho. Karena mengandung vitamin B, durian membuat tubuh jadi kenyang lebih lama sehingga Anda bisa mengendalikan nafsu dan porsi makan.

9. Membantu mengenyahkan migrain

Dan untuk yang satu ini Anda pasti turut merasa senang. Durian dapat membantu mengenyahkan rasa sakit akibat migrain. Penyebabnya karena durian mengandung vitamin B yang dibutuhkan untuk meringankan rasa sakit yang diakibatkan oleh migrain.

10. Membantu terbentuknya formasi tulang dan gigi

Kandungan fosfor di dalam buah durian adalah nutrisi penting yang berperan dalam pembentukan tulang dan gigi. Selain kalsium, kepadatan tulang juga disupport oleh fosfor. Durian menyediakan cukup banyak fosfor untuk membantu memenuhi kebutuhan harian akan fosfor.

Itulah beberapa manfaat buah durian. Ternyata banyak sekali manfaat dengan mengkonsumsi satu durian saja. Ajak keluarga dan teman Anda untuk mengkonsumsi durian. Supaya memakan durian lebih seru, datang saja ke kebun durian. Karena disitu Anda bisa makan buah durian dengan sepuasnya dengan harga yang murah.