9 Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan | Lifestyle News 9 Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan | Lifestyle News

9 Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mangga - Tak sulit untuk mendapatkan buah mangga di kediaman Anda. Pasti di setiap kios penjual buah pasti ada buah mangga. Buah mangga umumnya berbentuk beragam dengan jenis batangnya. Bila lagi musimnya, buah mangga akan membanjir di pasar-pasar dan harganya bakal sangat murah.

manfaat buah mangga dan khasiat buah mangga bagi kesehatan
Manfaat Buah Mangga (c) Pixabay
Buah mangga selain di santap segar-segar dan dibuat jus serta rujak, ternyata mempunyai segudang manfaatnya bagi kesehatan lho. Seperti dikutip dari Fitnea.com, berikut 10 manfaat buah mangga bagi kesehatan.

Manfaat Buah Mangga

1. Terdapat Banyak Nutrisi

Vitamin C dan vitamin A pada mangga sangat tinggi kandungannya yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Selain itu, mangga juga mengandung vitamin B6, serat, tembaga, kalium, magnesium dan berbagai mineral lainnya.
2. Menyehatkan Kulit

Selain kaya akan vitamin dan juga segar di buat jus, ternyata mangga juga dapat membuat kulit Anda jadi cantik dan mulus. Yaitu dapat mengecilkan pori-pori dan mengatasi jerawat di wajah. Caranya yaitu dengan menggunakan mangga sebagai masker di wajah.

3. Membuat Mata Sehat

Vitamin A yang terdapat pada buah mangga sangat tinggi, jadi dalam sebuah mangga sudah terdapat 24 persen kebutuhan vitamin A harian Anda. Memakan mangga juga membuat mata Anda jadi sehat.

4. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jumlah vitamin A dan vitamin C yang banyak terkandung pada mangga membuat buah ini menjaga kekebalan tubuh secara alami. Dengan demikian, mangga akan menjauhkan Anda dari penyakit seperti flu, demam dan batuk.

5. Dapat Mengobati Penyakit Diabetes

Rasa mangga memang manis, namun manis alami ini ini justru membantu menormalkan kadar insulin dalam darah. Buah mangga juga memiliki angka indeks glikemik yang relatif rendah, sehingga tidak akan meningkatkan gula darah secara tajam. Tentu saja dengan porsi yang sedang.

6. Mengatasi Susah BAB

Tidak hanya pepaya yang memiliki banyak serat dan enzim untuk melancarkan pencernaan, mangga memiliki enzim yang sama. Serat dalam mangga juga bisa membantu melancarkan BAB dan membuat sistem pencernaan lebih sehat.

7. Dapat Mencegah Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dalam buah mangga dapat melindungi seseorang dari kanker usus, kanker payudara, kanker prostat dan leukimia.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol jahat dalam darah dapat diturunkan secara alami dengan konsumsi mangga. Mangga mengandung vitamin C, pektin dan serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol, khususnya LDL atau kolesterol jahat.

9. Menyehatkan Ginjal

Buah mangga dalam ilmu kuno dipercaya sebagai bahan alami untuk mengatasi kerusakan ginjal dan mengatasi kelelahan. Mangga akan membuat tubuh mencerna makanan lebih baik dan membantu proses pengolahan sisa metabolisme tubuh. Hal ini akan lebih memudahkan kerja ginjal, sehingga ginjal lebih sehat.

Itulah beberapa manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh manusia. Ayo siapa yang suka makan mangga? Pastinya Anda akan suka lagi makan mangga kalau sudah mengetahui 9 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan di atas. Ternyata banyak banget manfaat mangga bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.