4 Arti Mata Berkedut Sebelah Kiri Dan Kanan Secara Medis | Lifestyle News 4 Arti Mata Berkedut Sebelah Kiri Dan Kanan Secara Medis | Lifestyle News

4 Arti Mata Berkedut Sebelah Kiri Dan Kanan Secara Medis

Arti Mata Berkedut Sebelah Kiri Dan Kanan Secara Medis - Apakah mata Anda sebelah kiri atau sebelah kanan pernah mengalami kedutan? Bila pernah dan sering, ada mitos yang sering di percayai masyarakat kalau mata berkedut sebelah kanan mempunyai arti kabar baik, nah bila disebelah kiri, makan akan berarti kabar buruk. Apakah Anda mempercayai mitos tersebut? Dan mungkin Anda sudah membacanya di Primbon. Seperti dari pandangan medis dan kedokteran, mata yang berkedip sendiri sebenarnya adalah pada tubuh Anda sedang ada masalah atau gangguan kesehatan.

4 Arti Mata Berkedut Sebelah Kiri Dan Kanan Secara Medis
Ilustrasi (c) Pixabay
Seperti Burt Dubow, OD, FAAO, yang merupakan seorang ahli di Contact Lens and Cornea Section of the American Optometric Association mengatakan bahwa kedutan mata yang hanya beberapa detik pada dasarnya bukan masalah kesehatan yang serius. Namun kedutan dapat menjadi sinyal gangguan kesehatan tertentu. Dilansir oleh Allaboutvision.com, inilah 4 sinyal kesehatan yang harus Anda waspadai saat mengalami kedutan.

1. Stres Dan Tekanan

Tekanan, menumpuknya tugas kerja akan membuat seseorang mengalami depresi dan stress, hal ini bila terus berlanjut akan membuat tubuh jadi tegang. Efek sampingnya, mata juga mengalami ketegangan yang sama. Maka buatlah pikiran Anda santai dan nikmati secangkir teh hangat untuk melepas stres.

2. Tubuh Kurang Istirahat

Anda sering terlambat tidur atau susah tidur? Ini menjadi salah satu penyebab kedutan mata. Jika akhir-akhir ini mata sering kedutan dan Anda sadar bahwa kurang tidur, berarti Anda harus membiasakan diri tidur tepat waktu dan tidak begadang.

3. Mata Lelah

Terlalu lama melihat atau bekerja di depan komputer atau terlalu sering mendapat paparan sinar terang tanpa pelindung, bisa membuat mata makin lelah. Efek sampingnya adalah kedutan di daerah sekitar mata. Maka lihatlah pemandangan yang lebih luas dan gerakkan mata setiap sekian menit ketika Anda bekerja di depan komputer.

4. Kekurangan Magnesium

Tubuh yang kekurangan zat tertentu bisa menyebabkan kedutan. Kurangnya magnesium dapat memicu kejang otot, salah satu kejang otot yang mudah dirasakan adalah kejang otot atau kedutan di bagian mata.

Itulah beberapa penyebab kedutan jika dilihat dari segi kedokteran. Apakah akhir-akhir ini Anda sering kedutan? Bila iya, hindari ke empat masalah di atas dengan cara melakukan pola hidup sehat, sering berolahraga, memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium, dan istirahat yang cukup. Semoga bermanfaat!