Penyebab Komedo Dan Cara Mencegahnya | Lifestyle News Penyebab Komedo Dan Cara Mencegahnya | Lifestyle News

Penyebab Komedo Dan Cara Mencegahnya

Menghilangkan komedo - Komedo adalah dimana pori-pori seseorang tersumbat, baik wanita maupun laki-laki. Jenis komedo tersebut ada yang terbuka dan ada yang tertutup. Komedo yang terbuka akan nampak membesar dan hitam, sedangkan komedo yang tertutup memiliki pori-pori yang tertutup oleh kulit yang tumbuh di atas pori-pori tersebut dan tampak seperti benjolan putih. Penyebab terjadinya komedo adalah karena sel kulit mati dan minyak berlebih pada wajah dan hidung.

gambar penyebab komedo
Foto (c) Pixabay.com
Bila wajah sudah penuh dengan komedo, pasti akan membuat Anda jengkel dan sebal. Apalagi tiap hari dibersihkan dan komedo terus berdatangan. Sebenarnya apa sih penyebab komedo di hidung, penyebab komedo putih, penyebab komedo hitam, penyebab komedo dan jerawat, penyebab komedo bau, dan bagaimana mencegah komedo secara alami? Nah, bila penjelasan di atas belum memuaskan bagi Anda, berikut faktor penyebab komedo dan tips mencegah komedo.

5 Faktor Penyebab Komedo


Dilansir dari healthline.com, komedo pada dasarnya adalah bintik kecil yang muncul di kulit karena folikel rambut yang tersumbat. Dalam bahasa Inggris, komedo hitam ini juga bisa disebut "blackheads" karena permukaannya memang berwarna hitam dan pastinya sangat mengganggu penampilan wajah. Komedo ini sebenarnya bisa muncul di permukaan kulit lain seperti di punggung, dada, leher, lengan, dan bahu.

Ada sejumlah faktor yang bisa menjadi penyebab munculnya komedo, lima diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Produksi minyak dari dalam tubuh yang berlebihan.
  • Penumpukan bakteri jerawat di kulit.
  • Iritasi folikel rambut ketika sel-sel kulit mati tidak dibersihkan secara teratur.
  • Terjadinya perubahan hormon yang menyebabkan peningkatan produksi minyak, biasanya saat remaja, saat menstruasi, atau karena mengonsumsi obat KB.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu.
Sejumlah orang percaya bahwa apa yang kita makan dan minum juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Misalnya, produk susu dan makanan yang mengandung karbohidrat bisa meningkatkan level gula darah yang berperan dalam memicu munculnya jerawat. Namun, peneliti belum bisa memastikan hal tersebut.

3 Cara Mencegah Munculnya Komedo

Pasti sudah sering mendengar ungkapan ini, " Lebih mencegah daripada mengobati". Ungkapan ini juga berlaku dalam urusan perawatan wajah. Lebih baik mencegah munculnya komedo daripada nanti harus repot-repot membersihkan komedo. Ada 3 cara dasar yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya komedo.

1. Cuci Wajah Secara Teratur

Cucilah wajah Anda secara teratur, khususnya saat bangun tidur dan sebelum tidur. Tujuannya adalah untuk mengurangi penumpukan minyak dalam kulit yang bisa menyebabkan komedo. Tapi hati-hati, mencuci muka terlalu sering juga bisa membuat kulit Anda iritasi. Jadi pastikan untuk menggunakan pembersih wajah yang tidak akan membuat kulit Anda iritasi atau kemerahan. Selain itu, pastikan Anda juga membersihkan wajah Anda setelah mengonsumsi makanan yang berminyak.

2. Gunakan Produk Bebas Minyak

Saat memilih produk kosmetik atau kecantikan, pilih yang tidak mengandung minyak. Ya, jika terjadi penumpukan minyak di kulit, komedo akan lebih mudah dan sering muncul.

3. Hilangkan Sel-Sel Kulit Mati

Gunakan produk khusus untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Anda bisa coba pilih masker atau scrub untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di kulit wajah Anda. Jangan lupa pastikan bahwa produk yang Anda pilih tidak membuat kulit Anda iritasi.


Nah, itulah beberapa tips mencegah komedo dan penyebab terjadinya komedo. Selain itu, bila wajah Anda sudah terlanjur timbul komedo, baca juga cara menghilangkan komedo secara alami. Setelah mengetahuinya, semoga komedo di wajah Anda bisa teratasi. Semoga bermanfaat!