4 Lulur Tradisional Untuk Memutihkan Dan Membuat Kulit Cantik

Cara membuat lulur - Ladies, pasti tidak asing lagi di telinga Anda dengan kata lulur. Ya, lulur yang dimaksud adalah ramuan kecantikan alami yang bisa membuat kulit jadi halus, putih, dan cantik. Sejak dari zaman keraton dahulu, lulur memang sudah menjadi rahasia kecantikan putri keraton. Nah, untuk sekarang ini, Anda tidak perlu untuk menjadi putri keraton dahulu bila ingin lulur setiap hari. Kini semua orang bisa membuat kulitnya cantik, putih, dan halus dengan lulur.
lulur alami untuk kulit kering
Lulur tradisional Jawa (c) Vemale.com

Lulur memanfaatkan berbagai ramuan alami yang telah dihaluskan untuk diaplikasikan secara langsung pada kulit. Lulur mampu membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan memberikan nutrisi pada kulit agar terserap sampai ke dalam sel kulit. Untuk Anda yang ingin memudarkan noda hitam pada kulit, lulur juga bisa mencerahkan kulit Anda. Lakukan lulur secara teratur 1-2 kali sebulan untuk menjaga kelembapan kulit, dan melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet.

Seperti dilansir dari vemale.com, di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis lulur tradisional. Mengingat Indonesia terdiri dari beberapa daerah, lulur alami khas Indonesia juga berbeda-beda sesuai daerah dan fungsinya. Berikut 4 jenis lulur alami untuk memutihkan kulit dan mempercantik kulit Anda.

1. Lulur kuning pandan Jawa

Lulur ini terbuat dari campuran tepung beras, kunyit, kencur, temu giring dan daun pandan serta ditambahkan beberapa tetes air mawar. Lulur ini dapat menghilangkan sel kulit mati, menyejukkan serta melembabkan kulit. Selain itu kunyit dalam lulur ini dapat memberi kesan warna kuning langsat pada kulit sehingga kulit terlihat lebih cerah.

2. Lulur boreh Bali

Bali memiliki lulur tersendiri yang dikenal dengan nama boreh. Lulur ini dibuat dari campuran beras, kencur, jahe, kunyit, cengkeh, biji pala, kayu cendana, kemiri dan kelapa parut. Bahan-bahan ini dipercaya dapat mengangkat sisa kotoran, membersihkan kulit dari bakteri serta memiliki unsur stimulan alami sebagai penghangat tubuh.

3. Lulur Kalimantan

Lulur dari daerah Kalimantan semuanya mengandung susu yang dicampur dengan bahan baku yang terbuat dari rempah-rempah alami berbentuk serbuk yang sangat halus. Ramuan ini merupakan warisan turun temurun dari suku Dayak yang mampu mengangkat kotoran tubuh secara maksimal sehingga kulit menjadi lebih halus dan cerah. Selain dari bahan susu dan rempah-rempah, Kalimantan juga menghasilkan lulur cokelat, kopi, teh hijau, dan masih banyak lagi.

4. Lulur Scrub

Ada dua jenis lulur scrub, yaitu granule atau butiran dan tanpa granule atau tanpa butiran.Granule pada lulur tradisional yang terbuat dari bahan alami biasanya memiliki butiran yang lebih keras dan kasar daripada body scrub. Untuk itu scrub disarankan tidak dipakai di kulit wajah yang lebih sensitif dari kulit tubuh lainnya.

Nah itulah ladies beberapa jenis lulur tradisional yang ada di Indonesia yang bisa Anda coba. Pasti dari keempat jenis lulur di atas salah satu diantaranya gampang dan mudah Anda gunakan. Silahkan dipilih mana yang Anda sukai dan semoga kulit Anda jadi cantik. Semoga bermanfaat!

Lihat juga: